3 cara bermain Olymp Trade dengan indikator Bollinger Bands

3 cara bermain Olymp Trade dengan indikator Bollinger Bands

Bollinger Bands adalah salah satu indikator analisa teknis paling kuat, yang sangat direkomendasikan oleh banyak trader pro saat membuat order pada Trading Opsi. Dalam artikel ini, Olymp Trade Indonesia akan berbagi pengetahuan tentang Bollinger Bands kepada Anda dan bagaimana cara membuat order dengan Bollinger Bands.

Apa itu Bollinger Bands?

Apa itu Bollinger Bands?
Apa itu Bollinger Bands?

Bollinger Bands (BB) adalah salah satu indikator teknis yang sangat dipercaya –  gabungan antara SMA dan deviasi standar. Indikator Bollinger Bands yang sering Anda lihat terdiri dari 3 baris:

+ Upper Band

+ Middle Band (ini adalah SMA 20)

+ Lower Band

Petunjuk untuk menyetel indikator Bollinger Bands di Olymp Trade

Pertama-tama masuk ke tab indicator sebelah kiri di bawah layar Olymp Trade dan pilih Bollinger Bands.

Petunjuk untuk menyetel indikator Bollinger Bands di Olymp Trade
Petunjuk untuk menyetel indikator Bollinger Bands di Olymp Trade

Secara default, indikator BB disetel di 20 dan deviasi standar-nya adalah 2.0.

Indikator Bollinger Bands di Olymp Trade
Indikator Bollinger Bands di Olymp Trade

Pengetahuan yang harus Anda tahu saat harga bergerak di Bollinger Bands

Pasar ini memiliki 3 keadaan utama: UpTrend (pasar bullish), DownTrend (pasar bearish) dan Sideway (pasar Sideways). Ketiga jenis pasar ini sesuai dengan 3 Bollinger Bands:

+ Tren yang bergerak naik (Uptrend): Anda akan melihat harga seringnya bergerak di upper band (dari tengah middle band ke upper band)

+ Tren yang bergerak mendatar (Sideways): Anda akan melihat indikator Bollinger Bands menyusut  dan harganya bergerak naik dan turun di area narrow band.

+ Tren yang bergerak turun (Downtrend): Anda akan melihat harga bergerak di  lower band (dari middle band ke lower band).

3 cara bermain Olymp Trade dengan indikator Bollinger Bands

Metode 1: Bollinger Bands Blooming

Memvisualisasikan dengan mata telanjang, indikator BB akan mengecil jika harganya ke sideways. Tiba-tiba, harganya mengikuti trend dan BB berkembang. Para Trader menyebut ini Bollinger Bands blooming, yang menyiratkan bahwa harganya mengakhiri rantai sideways untuk mngembangkan trend yang baru.

Bollinger Bands Blooming
Bollinger Bands Blooming

Dan tentu saja, Anda harus mengikuti kemana arah trend baru tersebut. Buka perdagangan opsi TURUN jika harga turun tajam (harganya memantul dari Lower Bands). Sebaliknya, buka perdagangan opsi NAIK jika harga naik tajam (harganya memantul dari Upper Bands).

Metode 2: Saat pasar ke sideways

Di pasar sideways, harganya akan tetap Berada di dalam area Bollinger Bands tertentu. Pada saat ini, kedua upper band dan lower band dianggap batasan harga. Selama harganya jatuh di upper atau lower band (harganya memantul), Anda bisa membuka order berbalik arah.

Contoh: Harganya keluar dari upper band => Buka order TURUN. Sebaliknya, harganya keluar dari lower band => buka order NAIK

Saat pasar ke sideways
Saat pasar ke sideways

Pengalaman

Anda bisa memilih EUR/USD di pagi hari, USD/JPY di siang hari dan EUR/AUD di sore hari.

Metode 3: Saat pasarnya memiliki trend khusus seperti Uptrend atau Downtrend

Kemudahan untuk melihat di area mana pasarnya berada adalah berkat indikator Bollinger Bands. Anda hanya perlu mengamati:

Harganya bergerak naik seperti tangga. Kandil sering berada di upper band. Harganya bergerak dari middle band upward => Pasarnya adalah Uptrend. Saat Anda tahu pasti pasarnya akan naik, Anda sebaiknya hanya membuka order NAIK.

Saat pasarnya memiliki trend khusus seperti Uptrend
Saat pasarnya memiliki trend khusus seperti Uptrend

Sebaliknya, jika harganya menciptakan tangga yang bergerak ke bawah, kandil seringnya berada di lower band. Harganya hanya bergerak dari middle band ke lower band => pasarnya adalah Downtrend. Anda sebaiknya hanya membuka order TURUN

Saat pasarnya memiliki trend khusus seperti Downtrend
Saat pasarnya memiliki trend khusus seperti Downtrend

Pengalaman saat bermain Olymp Trade

Saat pasarnya Uptrend, mari fokus pada perdagangan opsi NAIK saat harganya menyentuh middle band dari Bollinger Bands (yaitu SMA 20). Saat harganya menyentuh, buka order NAIK.

Saat pasarnya Downtrend, konsentrasilah pada perdagangan opsi TURUN saat harganya menyentuh middle band dari Bollinger Bands (yaitu SMA  20).

Catatan saat melakukan trade di Olymp Trade dengan indikator Bollinger Bands

Sesuai dengan setiap cara bermain Olymp Trade dengan Bollinger Bands di atas, Anda harus  menggunakan cara berbeda untuk mengelola modal. Sebagai contoh: Dengan metode Bollinger Bands blooming, Anda bisa mengikuti trend dan menggunakan compound interest (bunga majemuk). Atau saat pasarnya menjadi sideways, Anda sebaiknya mengelola modal Anda dengan rata.

 

Anda dapat menggabungkan indikator Bollinger Bands dengan indikator kuat lainnya. Ini akan menciptakan sistem trading Olymp Trade yang lengkap, aman dan sangat akurat.

Jika Anda mempunyai pertanyaan tentang jenis permainan ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

3 cara bermain Olymp Trade dengan indikator Bollinger Bands

5 dari 55 ulasan

1 KOMENTAR

  1. Kak gimana sih cara menentukan candle berikutnya akan Bullish atau bearish ?? Pada time frame di 1 menit ?? Kadang kan dia naik dulu gitu, eh tiba tiba jadi Bearish padahal udah di bet diBullish. Malah jadi Bearish. Tolong pencerahannya kak ??

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here